Kamis, 06 Desember 2012

Pulau Mursala, Sibolga, Sumatera Utara, Indonesia


Pulau Mansalaar atau yang lebih dikenal dengan nama Pulau Mursala merupakan pulau terbesar yang dimiliki oleh Kabupaten Tapanuli Tengah dan sempat membuat film Hollywood yaitu KingKong (2005) terpesona dengan keindahan alamnya untuk mengambil shooting film di pulau ini. Pulau seluas 8.000 hektar ini berjarak sekitar 22,5 km dari Kota Sibolga dan masuk di wilayah Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Propinsi Sumatera Utara. Pulau Mursala ini dikelilingi oleh hamparan pasir pusir yang indah. Selain itu, juga terdapat obyek wisata yang menjadi andalan di Pulau Mursala ini, yaitu Air Terjun Pulau Mursala.

Terjun Pulau Mursala dengan ketinggian sekitar 35 m ini merupakan air terjun yang unik karena aliran air terjun di sini langsung masuk ke laut. Karena letak air terjun ini berada di bagian Pulau Mursala yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia maka aliran air terjun ini langsung masuk ke laut. Air terjun seperti ini hanya ada beberapa di dunia dan di Indonesia kita memiliki 2 air terjun seperti itu, satu lagi bernama Air Terjun Kahatola yang berada di Kabupaten Halmahera Barat, Propinsi Maluku Utara. Aliran Air Terjun Pulau Mursala ini berasal dari aliran sungai terpendek di dunia dengan lebar sekitar 400 m, panjang 700 m dan mengalir melalui batuan granit yang berada di tebing pulau dan meluncur tercurah ke bawah dengan suara gemuruh masuk ke dalam area laut, menciptakan pemandangan yang mempesona.

Selain keunikannya, air terjun ini juga mempunyai legenda tersendiri. Dikisahkan bahwa air terjun ini merupakan tempat bermain seorang permaisuri cantik yang bernama Putri Runduk. Putri Runduk pada masanya terkenal dengan parasnya yang cantik dan tersohor sampai ke luar kerajaan. Selain sebagai tempatnya bermain, aliran air yang berada di atas air terjun ini juga dikisahkan sebagai kolam pemandian sang putri tersebut.

Terdapat beberapa obyek wisata yang tak kalah menarik di Pulau Mursala ini selain keindahan air terjunnya, diantaranya:
- Pulau Jambe : merupakan perairan dangkal yang terdiri dari terumbu karang dan aneka jenis ikan
- Teluk Labuan Hunik : merupakan spot yang cocok untuk diving dan snorkeling
- Pulau Silabu Na Menek : terdapat batu yang menjorok berbentuk burung yang berada di ketinggian sekitar 70 mdpl di pantai curam yang biasa disebut dengan Batu Garuda, terdapat pula Bonsai Pinang Merah alam di atas bebatuan curam
- Terdapat laguna dengan pantai pasir putihnya yang menyatu antara Pulau Silabu-labu Na Godang dan Pulau Kalimantung Na Menek
- Pulau Puti : terdapat pantai pasir putih yang indah dengan perairan dangkal dan kehidupan bawah laut yang mempesona.

Akses ke Pulau Mursala

Dari Sibolga perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu cepat dari dermaga di pesisir Kabupaten Pandan, Sibolga menuju Pulau Mursala dengan tarif sekitar Rp. 1.300.000/perahu dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, atau menggunakan kapal biasa dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. ( tiket promo online ).


0 komentar:

Poskan Komentar