Senin, 10 Desember 2012

Pulau Tagalaya, Tobelo, Maluku.


Berbicara mengenai keindahan Bahari di Indonesia seperti nya tidak akan ada habis nya. Hal ini di karenakan Indonesia memang merupakan salah satu destinansi para pecinta keindahan Bahari. Tidak hanya penikmat dari dalam negeri namun juga dari luar negeri. Namun, masih banyak wisata Bahari di Indonesia yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Padahal, wisata-wisata tersebut lah yang masih banyak dicari oleh para wisatawan. Mungkin karena masih belum terjamah oleh tangan-tangan jail sehingga keindahan atau keeksotikan nya masih sangat alami.



Beberapa pulau di Indonesia memang masih menawarkan keindahan Bahari yang masih alami. Salah satu nya yakni keindahan pulau Tagalaya. Pulau yang terletak di Tobelo, Halmahera, Maluku Utara ini masih sangat dijaga kelestarian nya. Sebuah pulau yang relatif kecil ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indah nya, terutama keindahan biota laut nya.

Pulau Tagalaya menyajikan sebuah panorama yang luar biasa memukau. Bagaimana tidak, hamparan pasir putih sepanjang pantai seolah-olah telah menyambut kedatangan para wisatawan sekalian. Selain itu pulau ini menyajikan air laut yang sebening kaca dan keindahan laut nya bagaikan sebuah lukisan yang tidak ternilai harga nya, belum lagi ketika kita menyelam ( diving ) maka kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa cantik nya. Inilah salah satu spot diving yang bisa dikatakan sangat rekomendasi buat pengunjung sekalian yang memang suka atau hobby dengan olahraga yang satu ini.



Pulau Tagalaya menawarkan sebuah keindahan alam bawah laut yang sempurna untuk para penyelam. Bukan hanya terumbu karang yang sangat memukau, ikan-ikan yang berwarna-warni berenang-renang kesana kemari dan juluran tentakel dari gurita laut saja yang akan kita temui di tempat ini. Namun, di pulau ini kita juga dapat menikmati keindahan alam yang sungguh luar biasa. Pepohonan bakau yang tumbuh di atas pasir putih dan apabila kita melihat di sisi sebelah Utara maka pengunjung akan disuguhi bebatuan karang yang sangat indah.

Bahkan untuk menikmati keindahan bawah laut nya, wisatawan tidak perlu harus menyelam dalam-dalam. Hal ini di karenakan dengan melihat saja tanpa harus menyelam wisatawan sudah dapat melihat terumbu karang yang hidup dengan alami dan terjaga keindahannya. Namun, kalau ingin yang jauh lebih indah maka pengunjung dapat menyelam dengan kedalaman antara 2-10 meter saja. Karena terumbu karang dan biota laut dalam keadaan baik dapat kita temui pada kedalaman tersebut. Sungguh sebuah pulau yang sangat memanjakan mata wisatawan sekalian.



Namun, ada satu peraturan di Pulau ini yang harus dipatuhi oleh para wisatawan. Yakni, para Wisatawan dilarang untuk menginjak atau tidak boleh berpijak di atas bunga karang apabila sedang menyelam. Hal ini dikarenakan, agar tidak terjadi kerusakan terhadap bunga karang tersebut. Kalaupun harus berpijak, silahkan mencari pijakan yang tidak menyebabkan bunga karang tersebut rusak. Sebuah peraturan yang sungguh baik untuk di jalankan, agar ekosistem nya tetap terjaga.. Jadi, silahkan cantumkan Pulau Tagalaya dalam daftar List destinasi penyelaman Anda berikut nya. Love Diving and always save our earth. 

Akses ke Pulau Tagalaya

Untuk dapat sampai ke pulau Tagalaya, wisatawan dapat menggunakan dua alternatif kendaraan yakni menggunakan perahu tradisional "ketinting" bersama-sama atau dapat pula menyewa Speedboat dari pelabuhan Tobelo.
Diperlukan waktu kurang lebih 20-30 menit perjalanan untuk sampai ke pulau Tagalaya dari pelabuhan Tobelo. Bagi pengunjung sekalian yang memang ingin menikmati keindahan pulau ini tidak ada salah nya apabila menggunakan perahu tradisional. Dengan menggunakan perahu tradisional tersebut wisatawan akan disuguhi keindahan bahari Maluku selama perjalanan. Selain itu wisatawan juga dapat lebih mengenal warga sekitar melalui perbincangan ringan bersama pemiliki perahu, siapa tahu nanti harga sewa perahu dapat potongan. ( tiket pesawat, promo, online ).

0 komentar:

Posting Komentar