Senin, 10 Desember 2012

LIBURAN TAHUN BARU DI JOGJA


Tahun baru akan segera tiba, pesta kembang api pun disiapkan untuk menyambut datangnya tanggal 1 Januari. Konon nama Januari diambil dari tokoh Janus dalam mitologi Romawi yang digambarkan sebagai sosok dengan dua wajah, satu wajah melihat ke belakang dan satunya lagi tersenyum melihat ke depan. Tahun baru memang saat yang tepat untuk berkaca pada masa lalu sambil menyiapkan semangat untuk menghadapi tantangan di masa depan. Tak heran bila banyak orang memanfaatkan liburan menjelang tahun baru untuk me-recharge diri dengan semangat baru.


Lebih dari sekedar pesta kembang api yang meriah, Jogja adalah tujuan favorit untuk liburan menjelang tahun baru. Pantai-pantai cantik di sebelah selatan sangat asyik untuk bersantai dan menjernihkan pikiran. Bila itu belum cukup, kita bisa menjelajahi candi-candi terbesar di dunia yang ada di Jogja dan sekitarnya. Jogja juga menawarkan wisata petualangan yang fun dan seru seperti cave tubing di Gua Pindul dan off-road di kaki Merapi. Asyiknya lagi, di Jogja semuanya serba murah: wisata, hotel, kuliner, rental motor / mobil, dan lain-lain. Ah, Jogja memang never ending asiknya, apalagi untuk liburan akhir tahun.

PERGI KE MANA?
H-2. Bila sudah tiba di Jogja tanggal 29 Desember, tak ada salahnya untuk langsung mengunjungi Candi Prambanan yang megah dengan arsitektur yang indah. Jangan lupa ambil tiket terusan Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko agar dapat free shuttle (☎ 496408, tiket Rp 45K, pk 06:00 - 17:30). Candi-candi yang megah ini akan bercerita tentang kejayaan bangsa kita di masa lalu, siapa tahu Anda akan mendapat inspirasi di sini. Malamnya kita bisa menyaksikan pertunjukan Ramayana Ballet yang spektakuler di Candi Prambanan (☎ 496408, tiket Rp 100K - 200K, pk 19:30 - 21:30).
H-1. Keesokan harinya kita bisa mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk lalu melanjutkan perjalanan ke pantai-pantai alami di Gunungkidul. Pantai Indrayanti adalah yang paling populer, namun bila sudah pernah ke sini tak ada salahnya mengunjungi pantai-pantai lain di Yogyakarta, misalnya Pantai Pok Tunggal yang sangat fotogenik dengan Pohon Duras yang ikonik. Berwisata ke pantai akan memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran. Biarkan segala beban lenyap di batas cakrawala bersama deburan ombak.

Hari H. Siangnya bisa berwisata kuliner dan beristirahat dulu, menyiapkan stamina untuk acara puncak tengah malam nanti. Beberapa lokasi pesta kembang api di Jogja adalah Tugu Jogja, Malioboro, Titik Nol Kilometer, Alun-alun Utara, Alun-alun Selatan, Pantai Parangtritis, Taman Lampion di Monumen Jogja Kembali (Monjali), dan Kaliurang. Bila ingin menyaksikan pesta kembang api di Malioboro, perhitungkan bahwa Jl. Malioboro akan ditutup bagi kendaraan mulai pk 17:00 setiap tanggal 31 Desember.

Pesta kembang api di Malioboro terlalu mainstream bagi seorang traveler sejati? Cobalah malam tahun baruan di Gunung Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul. Asyiknya di sini adalah kita bisa merayakan pergantian tahun dan kemudian menyaksikan fajar pertama tahun 2013. Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran dikelola sepenuhnya oleh Karang Taruna Desa Nglanggeran (☎ 081804103999, 081802606050).

H+1. Hari pertama di tahun yang baru adalah saatnya berwisata seru dan mencari semangat baru. Bagaimana bila lava tour di kaki Merapi? Atau Cave Tubing Gua Pindul di Gunungkidul? Pilih saja wisata petualangan yang dekat dengan tempat Anda melewati malam pergantian tahun. Bila Anda melewati malam pergantian tahun di Kaliurang, lava tour dengan jeep Willys di kaki Merapi adalah pilihan terbaik, apalagi ada paket sunrise.

NAIK APA?

Candi Prambanan bisa dicapai dengan Trans Jogja rute 1A namun sayangnya pantai-pantai di Gunungkidul TIDAK bisa dicapai dengan kendaraan umum. Rental motor tarifnya sekitar Rp 75K / 24 jam diBening Transport (☎ 8263214) dan Pamitran (☎ 6666610). Rombongan 6-8 orang akan lebih murah dan nyaman bila menyewa mobil. Toyota Avanza lepas kunci sekitar Rp 250K / 12 jam di 1wan Transport (☎ 081222071551), bila sekalian dengan sopir dan BBM tarifnya sekitar Rp 400K di 24 Transport (☎ 087739404222), lainnya klik rental mobil di Jogja. Ada sedikit perbedaan harga antara periode normal dan musim liburan namun hal itu sudah lazim, bukan hanya di Jogja.

MENGINAP DI MANA?

Banyak losmen di Parangtritis dan Kaliurang mengenakan harga khusus pada malam pergantian tahun. Harga kamar yang biasanya Rp 50K - 150K akan naik hingga 3 (tiga) kali lipat, namun keesokan harinya harga sudah normal kembali. Anda bisa mempertimbangkan untuk menginap di hotel-hotel di Jogja, kenaikan harganya hanya berkisar 20% - 100%. Alternatif penginapan yang juga tersedia adalah Guest House dan Homestay.

MAKAN DI MANA?

Bila New York sering disebut sebagai "Big Apple" dan Jakarta sebagai "Big Durian", maka Jogja mungkin bisa disebut "Big Jackfruit" karena kuliner gudegnya yang begitu populer. Beberapa tempat makan gudeg yang terkenal adalah GUDEG BU SLAMET (☎ 380429, Wijilan) dan GUDEG YU DJUM (☎ 515968, utara Kampus UGM), warung gudeg lainnya lihat artikel Gudeg. Tapi wisata kuliner di Jogja bukan hanya gudeg saja lho. Kita juga bisa mencicipi masakan kesukaan Sultan di BALE RAOS (☎ 415550), Jadah Tempe MBAH CARIK di Kaliurang, dan Sego Abang MBAH JIRAK di Gunungkidul. ( tiket pesawat, promo, online ).


0 komentar:

Posting Komentar