Kamis, 20 Desember 2012

Mandala Buka 10 Rute Baru di Tahun 2013


Maskapai penerbangan Mandala Airlines berencana membuka beberapa rute penerbangan baru mulai 2013. "Kami ingin menunjukkan komitmen dalam melayani sejumlah rute di Asia Pasifik," kata Direktur Komersial Mandala, Barata Rafly, saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Barata mengatakan, setidaknya ada 10 rute baru Mandala. Kesepuluh rute tersebut adalah Jakarta-Bangkok, Jakarta-Kuala Lumpur, Jakarta-Medan, Jakarta-Padang, dan Jakarta-Surabaya. Selain rute dari Jakarta, Mandala juga akan melayani rute Surabaya-Kuala Lumpur dan Surabaya-Singapura, serta Denpasar-Surabaya. Seluruh rute baru tersebut mulai beroperasi pada awal Januari 2013, atau bertepatan dengan beroperasinya pesawat A320 Aircraft yang baru dibeli.



"Kami juga memiliki rencana ekspansi rute penerbangan di kawasan Asia dan Australia lainnya," kata Barata. Perusahaannya juga sedang mempertimbangkan untuk melayani rute kota-kota besar di kawasan Indonesia dan Asia Pasifik serta di Perth, Australia.



Menurut Barata, tidak mudah mengoperasikan berbagai rute baru tersebut. Penambahan rute penerbangan secara otomatis menuntut maskapai untuk menambah jumlah pesawat. Permasalahannya, kata dia, sulit untuk menambah pesawat dengan infrastruktur penerbangan yang ada seperti saat ini.



"Mandala memiliki dana investasi yang cukup untuk mendatangkan pesawat-pesawat baru. Jumlah traffic penumpang juga menunjukkan kami bisa berekspansi ke berbagai tujuan atau rute penerbangan baru," kata Barata. Namun, masalahnya, kata dia melanjutkan, lahan tempat parkir pesawat di bandara-bandara Indonesia belum sebanyak harapan mereka.



Faktor itu pula yang menurut Barata menyebabkan Mandala batal menambah jumlah pesawat pada 2012. Mandala permah menargetkan untuk mengoperasikan 10 pesawat pada 2012. Namun hingga Desember ini, Mandala baru berhasil mendatangkan lima pesawat.



"Besar harapan kami pemerintah kembali membangun infrastruktur penerbangan, baik di wilayah Indonesia bagian barat maupun kawasan Indonesia timur," kata Barata. Dengan demikian, maskapai-maskapai Indonesia, termasuk Mandala, dapat lebih mudah membuka rute penerbangan dan menambah pesawat baru. ( tiket pesawat murah/promo-online )

0 komentar:

Posting Komentar