Minggu, 02 Desember 2012

Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur





Kawah Ijen yang berupa kawah danau berada di puncak Gunung Ijen yang terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso yang masuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, tepatnya di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso, Propinsi Jawa Timur. Kawah yang berada di ketinggian 2.386 mdpl ini merupakan kawah danau terasam di dunia dengan ph 0,5 dan kawah danau terbesar di Pulau Jawa dengan luas sekitar 5.466 hektar yang berbentuk elips dengan ukuran sekitar 960 m x 600 m. Ketinggian permukaan air danau di Kawah Ijen mencapai 2.140 m dengan kedalaman danau sekitar 200 m yang berisi sekitar 36.000.000 m kubik air asam beruap. Air kawah danau ini berwarna hijau tosca. Terdapat berbagai ukuran dan warna batu belerang di dalamnya yang menjadikan Kawah Ijen mempunyai pesona tersendiri.



Di atas kawah ini diselimuti kabut dan asap belerang yang menjadi daya tarik Kawah Ijen ini. Banyak wisatawan mancanegara yang terpesona dengan keindahan Kawah Ijen ini. Terdapat deretan gunung yang bisa kamu lihat dari Pos Paltuding di Gunung Ijen ini : Gunung Merapi, Gunung Widodaren, Gunung Ranti dan Gunung Papak. Hilir mudik penambang belerang menjadi pemandangan sehari-hari di puncak Gunung Ijen ini.



Jika kamu ingin berkunjung ke Kawah Ijen, sebaiknya berkunjung saat musim kemarau yaitu antara bulan Juli sampai September. Saat musim hujan, jalan menuju Kawah Ijen menjadi licin dan membahayakan. Dan untuk mendaki menuju Kawah Ijen sebaiknya dilakukan antara pukul 05:00-06:00 pada saat matahari belum bersinar terik karena perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jam untuk naik turun gunung. Tiket masuk ke obyek wisata ini seharga Rp. 2.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 15.000/orang untuk wisatawan mancanegara.

Akses ke Kawah Ijen


Kamu bisa memulai perjalananmu menuju Kawah Ijen dari Kota Banyuwangi ataupun Bondowoso. Dari salah satu dua kota tersebut kamu bisa menuju Pos Paltuding dengan menyewa jip dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Kemudian dari Pos Paltuding kamu harus berjalan kaki sejauh 3 km. Di awal 1,5 km jalur yang dilalui menanjak dengan kemiringan sekitar 25-35 derajat. Jalur 1,5 km berikutnya agak landai dan kamu bisa menikmati pemandangan deretan gunung yang indah hingga ke puncak Gunung Ijen. Untuk mencapai Kawah Ijen kamu harus menuruni jalur terjal dan berbatu sepanjang 250 m.

0 komentar:

Posting Komentar