Minggu, 24 Februari 2013

Wisata Unik dan Aneh : Batu Zuma Wisata Unik Nigeria


Jalan-jalan ke AFRICA, atau lebih tepatnya ke Nigeriadisini mungkin akan jadi tempat yang unik dan salah satu alternatif untuk liburan yang menarik, mungkin aja ada yang punya saudara di nigeria.

Batu Zuma bukan cuma ada di game PC aja. tapi memang ada di kota negara nigeria tepatnya, batu ini merupakan symbol Abuja, Ibukota Nigeria, Sebuah batu besar yang di gambarkan pada pecahan 100 Naira ( Mata uang Nigeria)

1360634075531552418 
Namun batu ini sebenarnya tidak terletak di Abuja,batu ini sebenarnya ditemukan di negara bagian nigeria sebelah utara dari abuja,di sepanjang jalan Abuja ke Kaduna,dengan tinggi sekitar 725 meter dan sekitar 3,1km keliling,batu ini tampak lebih seperti sebuah gunung kecil,  

1360634136167519532

Sekitar tahun 2008, gubernur negara bagian Niger naik ke puncak monolit dan menandatangani MOU dengan perusahaan pengembangan pariwisata Kanada. Kedua pihak sepakat untuk menginvestasikan $ 700 juta dalam pengembangan desa resor wisata di sekitar batu raksasa. Namun ketika saya kesana tidak tampak ada pembangunan kawasan wisata, yang ada saya waktu saya mengambil bbrp foto, ada seorang bapak2 tua berlari mendatangi saya dan berteriak2 dalam bahasa Nigeria. Lalu kolega saya seorang Nigeria segera mengajak saya masuk ke mobil dan kami pergi dari situ. Kolega saya mengatakan bahwa bapak2 tua tadi mengatakan kalau Zuma rock itu milik dia dan keluarganya, jadi kalo mau ambil foto harus bayar dan kalo mau berkunjung lebih lama ada baiknya anda persiapkan untuk penginapan anda.

Dikatakan bahwa beberapa tahun yang lalu, otoritas pariwisata di negara bagian Niger mengundang investor asing untuk mengembangkan daerah ini menjadi daya tarik wisata. Mereka membangun sebuah hotel yang baik dekat batu, tapi sayangnya bisnis tidak berjalan baik seperti yang mereka harapkan. Setelah rumor beredar bahwa ada pembunuhan terjadi di hotel, hotel akhirnya ditutup. Penduduk setempat mengatakan itu adalah pengaruh negatif dari batu itu.

136063419019729071

Pada dinding batu itu kita bisa melihat seperti wajah seseorang, dan penduduk setempat percaya bahwa karena wajah manusia itu, batu ini memiliki kekuatan misterius.

136063424349018977

1360634281688154625
wisata.kompasiana

0 komentar:

Posting Komentar